• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Mengenal Jenis Bahan Sablon dan Harga Jual Polyflex

Januari 07, 2019 // by siti aisyah

Usaha kaos distro akhir-akhir ini semakin marak. Mulai dari teknik sablon manual hingga digital, keduanya memiliki alat dan estimasi biaya produksi yang berbeda pula. Salah satu bahan sablon digital yang cukup diminati adalah polyflex. Jika Anda tertarik memulai usaha sablon digital, sedikit ulasan mengenai jenis bahan dan harga jual polyflex ini patut Anda simak.

Mengenal Jenis Bahan Sablon dan Harga Jual Polyflex

Mengenal Bahan Sablon Polyflex
Polyflex merupakan bahan kertas berupa heat transfer film yang terbuat dari bahan vinyl. Bahan ini biasa digunakan untuk mengaplikasikan motif pada kaos sablon. Jika pada sablon konvensional ada banyak tahapan yang cukup panjang, Anda hanya perlu melakukan press selama 15 detik untuk mengaplikasikannya pada bahan dasar.

Mudah merekat pada bahan dasar serta memiliki banyak pilihan warna yang berdaya tahan lama. Hasil sablon dengan menggunakan bahan polyflex pun memiliki varian jenis dan model yang bermacam-macam. Tidak heran jika bahan sablon yang satu ini menjadi primadona di industri sablon tanah air.

Berbagai Jenis Bahan Polyflex
Ada sekitar tujuh jenis dari bahan polyflex yang cukup sering digunakan. Dimulai dari polyflex PVC dan polyflex PU yang banyak digunakan untuk membuat custom nama punggung pada jersey atau hoodie. Polyflex PU juga sering digunakan untuk kaos distro karena selain memiliki ketebalan yang lebih tipis dari PVC, bahan ini juga lebih lentur dan punya banyak varian warna.

Jika dua jenis bahan polyflex di atas menghasilkan produk standar, empat jenis bahan polyflex setelahnya justru menghasilkan produk yang memiliki daya jual lebih tinggi. Pertama, bahan polyflex flock yang memiliki karakter bahan seperti beludru dan sering dikombinasikan dengan bahan kain lainnya.

Kedua, bahan polyflex glitter yang menghasilkan sablon dengan kerlap-kerlip warna yang menarik. Glitter dengan bahan sablon ini cenderung tidak rontok dan sangat bagus diaplikasikan pada kaos distro anak. Ketiga, bahan polyflex foil yang memiliki karakter memantulkan cahaya matahari. Menggunakan bahan sablon ini, kaos yang Anda produksi akan terlihat lebih berkelas.

Keempat, bahan polyflex reflective yang biasa digunakan untuk memproduksi kaos dengan efek glow in the dark. Memiliki karakter hampir sama dengan bahan polyflex foil, polyflex reflective tidak hanya memantulkan cahaya matahari. Namun juga membuatnya lebih berwarna jika dilihat di malam hari.

Selain keenam bahan polyflex yang marak digunakan dalam produksi kaos distro, ada satu bahan polyflex lagi yang digunakan khusus untuk media kanvas. Polyflex printable biasanya digunakan untuk mencetak desain atau gambar sebagai contoh model dan motif kaos-kaos distro.

Kisaran Harga Bahan Polyflex
Ada banyak merek bahan polyflex yang beredar di pasaran. Mulai dari yang berkualitas biasa hingga premium, sampai bahan buatan lokal hingga impor. Kisaran harga yang ditawarkan sebenarnya tidak cukup jauh, meski kualitas yang diberikan sangat jauh berbeda.

Bahan polyflex lokal atau biasa ditawarkan dengan kisaran harga Rp.50.000,00-Rp65.000,00. Sedangkan bahan polyflex impor buatan Korea atau Perancis berkisar Rp65.000,00-Rp75.000,00.
Itulah sekilas pengenalan mengenai bahan sablon polyflex beserta jenia-jenisnya. Bagi Anda yang sedang mencari tempat jual polyflex terpercaya, polos.co.id menyediakan berbagai jenis bahan polyflex berkualitas premium untuk usaha distro Anda. Selain itu, berbagai alat sablon digital juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda.