• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

6 Makanan yang Bermanfaat untuk Menambah Berat Badan Janin

Januari 11, 2019 // by siti aisyah

Seorang ibu hamil tentunya memerlukan asupan nutrisi yang lebih tinggi dari biasanya. Sebab selama kehamilan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan diserap oleh janin. Oleh sebab itu, Anda juga harus melakukan berbagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Berikut beberapa makanan yang bermanfaat untuk menaikkan berat badan janin.

6 Makanan yang Bermanfaat untuk Menambah Berat Badan Janin

1.      Susu. Sumber Kalsium untuk Pertumbuhan Tulang Janin
 Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan yang pertama adalah dengan perbanyak mengonsumsi susu. Paling tidak Anda perlu mengonsumsi 200 hingga 500 liter susu per harinya. Pasalnya susu merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium. Kalsium sendiri merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembang janin.

2.      Ikan Salmon, Mengandung Lemak Omega-3 yang Tinggi
Selain dipercaya sebagai makanan yang mampu membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan, ikan salmon juga sangat bermanfaat untuk menambah berat badan janin. Ikan salmon merupakan jenis ikan laut yang kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mengoptimalkan penglihatan janin sekaligus sumber protein untuk perkembangan otak bayi.

3.      Kacang Kedelai, Sumber Protein yang Baik
Ternyata berbagai makanan olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga sangat bermanfaat untuk menambah berat badan janin. Bahkan kacang kedelai juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang kedelai juga kaya akan kalsium yang sangat bermanfaat untuk pembentukan jaringan bayi dalam kandungan.

4.      Daging Ayam Tanpa Lemak
Demi mencukupi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi daging ayam tanpa lemak. Ya protein memang merupakan nutrisi yang sangat diperlukan ibu hamil guna membantu perkembangan sel dan otot pada janin. Selain itu daging ayam juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

5.      Sayuran Berwarna Hijau
Seorang ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran berwarna hijau paling tidak 3 kali dalam seminggu. Agra berat badan bayi dalam kandungan bertambah, maka seorang ibu hamil harus rutin mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, kele, dan bayam. Sebab sayuran berwarna hijau gelap lebih banyak mengandung nutrisi penting.

6.      Kentang Rebus, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi
Tak hanya dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat saja, kentang juga kaya akan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Apabila Anda bosan mengonsumsi nasi, maka gantilah menggunakan kentang. Meskipun begitu Anda juga perlu memperhatikan teknik memasaknya agar nutrisinya tidak hilang. Lebih baik dikonsumsi dengan cara dipanggang atau direbus.

Dengan rutin mengonsumsi makanan di atas maka kondisi kesehatan ibu dan janin dapat tetap terjaga. Selain itu, beberapa makanan di atas juga dapat Anda jadikan sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan sekaligus membantu perkembangan janin. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips seputar kehamilan lainnya dengan mengunjungi orami.co.id.