• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

5 Destinasi Bersejarah di Kopenhagen

Januari 21, 2019 // by siti aisyah

Kopenhagen merupakan Ibu Kota dari negara kerajaan Denmark. Kongeriget Danmark atau Kerajaan Denmark dapat dikatakan sebagai negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan di antara negara Nordik lainnya seperti Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Islandia. Pada abad ke-8, bangsa Denmark sangat terkenal sebagai Viking yang melakukan kolonisasi dengan Norwegia dan Swedia untuk berdagang di seluruh bagian Eropa. Cakupan penaklukkan bangsa Viking ini terbilang sangat luas di dataran Eropa, dan oleh karena itu peradaban Viking di tanah-tanah Eropa sangatlah diperhitungkan karena memiliki pengaruh budaya yang amat kuat.

Berbicara mengenai sejarah, Kopenhagen pun masih menyimpang berbagai kisah menarik yang patut Anda gali lebih dalam untuk mengenal peradaban bangsa Danse (bangsa asli Denmark) sejak pertama kali mengembangkan perilaku masyarakat, berkoloni, menjajah, hingga membangun peradaban yang maju. Kopenhagen sangat konsisten dalam menjaga kisah bangsanya yang telah jaya ribuan tahun tersebut dengan mengabadikan berbagai spot sebagai wisata sejarah.

Tidak ada salahnya bila Anda berpergian jauh untuk mempelajari berbagai hal di dunia ini, dan salah satunya adalah pendekatan sejarah lewat pariwisata, ibarat sambil menyelam minum air. Bila Anda sudah memiliki tekad besar untuk mengunjungi negara yang juga terkenal dengan karya Hans Christian Andersen ini, perisiapkan tiket pesawat promo Anda untuk menuju Kopenhagen, setelah itu sambangi tempat yang terdapat dalam list artikel ini, niscaya Anda akan menjumpai dan mempelajari kisah bangsa Danse yang amat besar di sini.

5 Destinasi Bersejarah di Kopenhagen

1. Istana Christiansborg 
Berlokasi di pulau kecil bernama Slotsholmen, Kopenhagen, bangunan megah ini tidak hanya memperkenalkan dirinya sebagai istana mewah saja, melainkan turut menjadi pusat kekuasaan Denmark yang terdiri dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Di Istana Christianborg ini Anda dapat melihat kantor Perdana Menteri, Gedung Parlemen dan Mahkamah Agung yang telah bertahan selama ratusan tahun dan masih terjaga dengan baik sehingga Anda dapat merasakan aroma sejarah yang sangat kuat. Selain itu pengunjung akan disuguhkan dengan proses pergantian penjaga istana di sana. Sebuah momen yang tidak boleh sama sekali Anda lewatkan, bukan?.

2. Kastil Rosenborg
Kastil yang dibangun oleh salah satu raja Skandinavia ini, dulunya merupakan sebuah tempat tinggal yang dikhususkan untuk keluarga kerajaan. Namun seiring berkembangnya zaman dan melewati beberapa faktor sejarah, kastil bersejarah ini beralih fungsi sehingga dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung karena telah menjadi tempat wisata. Dengan berkunjung ke kastil ini Anda dapat melihat  ruang privasi raja seperti kamar mandinya serta lemari yang berisikan tulisan pribadi raja. Desain interior yang dimiliki Kastil ini juga membuat Anda memiliki pengalaman  berada pada abad ke 16. 

3. Kastellet 
Kastellet merupakan benteng pertahanan Kopenhagen yang masih bisa Anda lihat hingga sekarang. Tempat bersejarah ini terbilang unik, pasalnya benteng yang sudah berdiri dari abad ke-17 ini memiliki bentuk yang menyerupai sebuah bintang. Pemandangan sekitar yang begitu memanjakan mata, sangat layak untuk dikunjungi. Anda juga bisa bersantai, jogging dan bersepeda di area ini.

4. Lille Mølle
Mungkin sekilas tempat ini terlihat biasa saja. Namun, bila Anda sedang berjalan di kawasan Christianshavn, tempat ini akan menjadi sangat spesial di mata Anda karena sarat akan sejarah yang kuat. Hal tersebut karena di kawasan Christianshavn terdapat banyak sekali bangunan rumah-rumah yang masih kokoh berdiri sejak abad ke-16, dan salah satunya Lille Mølle. Tempat ini dituding sangat bersejarah, karena menampilkan “The way of living” pada masa itu, 

5. Bakkehusmuseet
Bangunan bersejarah yang telah melalui beberapa alih fungsi yang berbeda selama bertahun-tahun menjadi perhatian khusus di mata para wisatawan, begitu juga Anda yang nanti akan menyambangi tempat ini. Bangunan ini memiliki fungsi mulai dari rumah pribadi, penginapan, lahan pertanian, rumah sakit jiwa, hingga panti asuhan. Maka dari itu Bakkehusmuseet merupakan salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi.