• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Tips Trik Cara Drift Yang Tepat

Desember 31, 2018 // by siti aisyah //

Drifting adalah teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membikin supaya mobilnya berada dalam posisi miring serta meluncur selagi mungkin dengan keadaan ban mobil yang berputar cepat. Biasanya para drifter (pembalap drifting) hanya memakai gigi dua serta rem tangan (hand brake) untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini, sebab itulah sangat diperlukan kepandaian tertentu serta disiplin yang lumayan tinggi untuk bisa menguasai teknik mengemudi semacam ini.

Tips Trik Cara Drift Yang Tepat

Biasanya mobil-mobil yang diturunkan dalam ajang drifting adalah mobil-mobil yang berbobot ringan hingga sedang dengan tipe coupe/sedan serta memakai penggerak roda belakang alias FR (front engine, rear-wheel-drive) semacam Nissan Skyline, Nissan Sylvia, Toyota Mark II, Toyota Corolla DX, serta Toyota Levin/Sprinter Trueno (AE86). Soalnya pada mobil tipe ini tenaga untuk sliding rutin disalurkan oleh roda belakang, sedangkan roda depan dikegunaaankan untuk mengontrol mobil/drift.

Teknik Dasar Drifting
Ada dua teknik mutlak yang dipakai oleh drifter untuk menciptakan gerakan drift yaitu Clutching (pemakaian kopling) serta braking (pemakaian rem). Dalam teknik clutching, saat mobil pembalap mendekati tikungan, ia bakal menekan kopling serta pindah ke gigi 2. Lalu pembalap bakal menekan gas hingga kurang lebih 4500 rpm. Saat kopling dilepas, bakal ada putaran kuat pada ban sebab saat itu mesin sedang berputar cepat. Kekuatan besar mendadak ini membikin ban belakang berputar sangat cepat hingga kehilangan traksi serta tahap belakang mobil bakal melintir.

Sementara dalam teknik braking, pengemudi hebat rem tangan saat memasuki tikungan jadi menyebabkan ban belakang terkunci serta kehilangan traksi serta menciptakan gerakan drift. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang bisa dipakai untuk mobil-mobil front wheel-drive (FWD). Sementara untuk mobil rear wheel-drive (RWD) mempunyai setidaknya satu lusin teknik. Inilah sebabnya lebih tak sedikit pro drifter yang memakai mobil rear wheel drive (RWD) untuk dibesut

Saat drift telah tercipta dengan meperbuat teknik yang benar, maka yang selanjutnya wajib diperbuat adalah menjaga supaya mobil masih terkontrol. Untuk yang satu ini diperlukan kepandaian dari si pengemudi dalam mengontrol kombinasi antara gas serta setir.